Friday, February 25, 2011

demokrasi keblabasan

"DPR itu bisanya apa! cuma makan duit rakyat!"
"PNS itu gaji buta doang bisanya!"
"Polisi sialan! kena 50 ribu nih!"

kata-kata seperti itu yang sering saya dengar selama ini. masyarakat dengan seenak udelnya men judge para pegawai negara tersebut. saya tidak habis pikir. kenapa mereka selalu menyamaratakan oknum-oknum yang memang berbuat nyeleneh dengan yang tidak. dari kata-kata mereka saja bisa diperjelas bahwa mereka menafsirkan para DPR, PNS, dan POLRI ini tidak becus dalam menjalankan tugasnya. saya ulangi sekali lagi, mereka yang berbuat seperti itu memang ada. tapi toh tidak semua kan? bukan berarti jika ibu teman saya DPR maka ia makan duit rakyat kan? bukan berarti jika om saya PNS makan gaji buta kan? bukan berarti jika papa saya polisi menilang seenaknya sendiri kan?

tolonglah jangan menilai melalui satu sudut pandang saja. bukan berarti karena ada kasus mereka yang nyeleneh berarti semuanya ikut nyeleneh. dan jangan termakan omongan! karena teman anda ketilang misalnya anda ikut menyalah-nyalahkan dan mencaci maki para polisi. coba dilihat dulu apa memang teman anda tidak menyalahi aturan lalu lintas? semua ini pasti ada hukum sebab akibatnya.

sebenarnya tadi pagi banyak sekali fikiran saya tentang ini. tapi karena baru sempat menulis sekarang, jadi lupa semua. yah yang penting intinya sudah jelas. jangan karena satu dua oknum, semua jadi ikut buruk di mata anda.

tetap semangat :)

No comments: